Monday, April 29, 2013

Constructive Engagement




Opini
 
SBY DAN MISI KETERLIBATAN KONSTRUKTIF
JURNAL NASIONAL, Senin, 29 April 2013

A. Bakir Ihsan

Selama ini kunjungan Presiden SBY dilihat pada aspek formalistiknya. Misalnya kunjungan ke Singapura (22-23/4) yang lalu dilihat sekadar menerima pemberian gelar doktor honoris causa dari Nanyang Technological University (NTU). Begitu juga ke Myanmar (23-24/4) hanya dilihat sebagai kunjungan balasan Presiden SBY atas kunjungan Presiden U Thein Sein ke Jakarta beberapa waktu sebelumnya. Tidak salah orang memandangnya demikian, karena secara protokoler memang itulah agenda Presiden. Namun pembacaan seperti itu akan memunculkan kesan kegiatan Presiden seperti rutinitas yang berulang-ulang dan pada titik tertentu mungkin tidak menarik diamati.
Tulisan ini hendak melihat sisi lain dari kunjungan tersebut untuk menemukan makna substantif di dalamnya. Pemberian gelar honoris causa,  misalnya, tentu bukanlah tujuan utama yang mendorong Presiden SBY mengunjungi Singapore, karena sudah banyak gelar doktor yang diterimanya. Namun pemberian gelar tersebut menjadi bermakna karena dua hal. Pertama, Indonesia dihargai bukan hanya oleh dunia internasional, tapi juga oleh dunia akademika yang menjunjung tinggi obyektivitas dan independensinya. Apalagi NTU merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi dan peringkat cukup baik di tingkat Asia maupun dunia. Ia menduduki peringkat 47 dalam rangking global versi QS World University dan masuk dalam 100 top perguruan tinggi versi Times Higher Education World University 2012.
Kedua,  pemberian gelar tersebut menjadi momentum bagi Presiden SBY untuk “memasarkan” potensi-potensi yang dimiliki Indonesia, termasuk nilai-nilai luhur bangsa. Salah satu poin penting yang disampaikan Presiden SBY pada kesempatan itu adalah keberhasilan Indonesia membangun relasi positif antara Islam dengan demokrasi dan modernisasi (Islam and modernity can go well together). Islam Indonesia berhasil menjadi fondasi bagi mekarnya demokrasi tanpa anarki seperti yang terjadi di kawasan lain.
Bukan kali ini saja, Presiden SBY “memasarkan” sisi positif relasi Islam dan demokrasi. Namun penyampaian kali ini mendapatkan momentumnya di tengah stigmatisasi terhadap Islam yang dianggap anti demokrasi dan modernisasi masih berlanjut. Sebagian ahli, termasuk Samuel P Huntington menempatkan Islam sebagai ajaran yang tidak memiliki korelasi positif dengan demokrasi. Selain fakta adanya beberapa negara Islam yang masih otoritaritarian, juga tindakan sebagian kaum (kelompok) muslim yang memperlihatkan Islam yang keras dan intoleran menjadi rangkaian justifikasi atas distingsi Islam dan demokrasi.
Dalam kondisi tersebut, menyuarakan Islam yang toleran dan demokratis dengan fakta-fakta dan pengalaman empirik seperti Indonesia menjadi sangat penting. Itulah yang  dilakukan SBY dalam memasarkan Islam Indonesia sebagai landasan dasar yang bisa menggerakkan kehidupan bangsa yang lebih kondusif dan demokratis. Lebih dari itu, mengaitkan nilai positif agama dengan demokrasi jarang dikupas oleh pejabat setingkat kepala negara, terlebih di tingkat ASEAN yang memiliki keragaman agama. Bukan tanpa alasan SBY menyebarkan sisi relasi positif (ajaran agama) Islam dan demokrasi. Selain karena Indonesia berhasil membuktikannya, juga ada misi untuk mengkonstruksi demokrasi di wilayah ASEAN dengan menempatkan ajaran agung agama-agama yang ada di ASEAN dalam konteks penguatan demokrasi. Sebagaimana dimaklumi, di ASEAN terdapat beberapa agama selain 3 agama yang dominan, yaitu Islam, Buddha, dan Kristen yang sejatinya bisa menjadi sumber kesadaran yang produktif (profetis) bagi modernisasi dan demokrasi.

Keterlibatan Konstruktif
Aspek lain yang menarik kita sorot adalah upaya SBY untuk menghentikan setiap kekerasan baik secara horisontal maupun vertikal, khususnya dalam konteks kawasan. Beberapa negara ASEAN menghadapi tantangan konflik di beberapa wilayahnya, terutama terkait etnis minoritas, seperti yang terjadi di Myanmar. Dunia tengah menyorot Myanmar karena dianggap belum berhasil mengatasi kekerasan terhadap etnis Rohingya di tengah demokrasi yang dibangunnya. Dalam konteks itulah, dialog dan tawaran konstruktif bagi penyelesaian konflik menjadi relatif efektif dalam relasi kekuasaan.
Bagi Presiden SBY apapun bentuk sistem pemerintahan sebuah negara, jalinan harus tetap dibangun dalam bentuk constructive engagement atau keterlibatan konstruktif. Tak ada masalah tanpa jalan keluar, salah satunya melalui soft power yang memberi ruang dialog dan transaksi solusi konstruktif. Langkah ini dilakukan SBY jauh sebelum Myanmar menjadi negara demokratis dua tahun terakhir ini. Saat dunia mengucilkan Myanmar di bawah sistem junta militer, SBY membangun hubungan baik, sehingga bisa membangun dialog konstruktif bagi terciptanya tatanan negara yang lebih terbuka.
Pun dalam kasus kekerasan terhadap etnis Rohingnya yang terjadi belakangan ini, SBY menawarkan beberapa solusi langsung kepada Presiden Myanmar, Thein Sein. Salah satunya adalah membangun sentra-sentra ekonomi bagi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan secara lebih merata, sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi dan teragitasi. Dalam konteks itu, Indonesia menawarkan kerja sama untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Myanmar. Pada titik ini ada sinergi antara usaha pertumbuhan ekonomi dengan upaya meminimalisasi konflik. Ekonomi menjadi salah satu pilar yang dapat mengurangi konflik (nirkonflik) apabila didukung oleh kebijakan yang berkeadilan. Dan hal inilah yang hendak dikembangkan Presiden SBY dalam beberapa kerjasamanya dengan negara lain yang pernah dirundung konflik, seperti Myanmar atau Kamboja.

Memaksimalkan Peluang
Keberhasilan Indonesia baik pada level internal melalui pertumbuhan ekonomi dan demokrasinya maupun secara eksternal melalui peran peacekeeping mission yang dijalankan dan diakui dunia, sejatinya menjadi modal yang memudahkan Indonesia untuk memaksimalkan kerjasamanya dengan negara lain. Namun pada kenyataannya, sebagaimana otokritik SBY, para perangkat pendukungnya belum lincah dalam menggunakan peluang-peluang secara maksimal, khususnya dalam bidang ekonomi.
Ketika Indonesia berhasil mengemban misi perdamaian di sebuah negara, sejatinya Indonesia mendapatkan ladang kerja sama ekonomi yang lebih produktif dibandingkan negara lain yang tidak terlibat dalam peacekeeping mission di negara tersebut. Misalnya pasukan atau Kontingen Garuda XII yang sangat intens mendorong perdamaian dan transisi pemerintahan di Kamboja pada 1992-1993 tidak berbanding lurus dengan intensitasnya dalam kerja sama di bidang ekonomi. Begitu juga keterlibatan Indonesia dalam perdamaian di negara-negara bekas Yugoslavia seperti di Bosnia-Herzegovina melalui Kontingen Garuda XIV pada 1993-1995 tidak diimbangi oleh kerja sama di bidang lainnya yang bisa semakin mempererat hubungan kenegaraan dalam berbagai bidang lainnya.
Fakta sejarah tersebut menunjukkan betapa pentingnya sinergitas dan kerja kolektif antara bidang dalam struktur kenegaraan maupun dalam konteks relasi antar negara untuk memaksimalkan peluang yang ada. Misi diplomasi dan kunjungan kerja maupun kenegaraan Presiden harus diimbangi oleh kesiapan para aparat terkait untuk menindaklanjutinya dalam bentuk kerja-kerja yang produktif bagi kepentingan bangsa. Dengan demikian, setiap kerja Presiden ke luar negeri tidak terkesan prosedural-formalistik kenegaraan semata, namun memiliki feedback yang konstruktif bagi bangsa dan negara Indonesia.*

No comments: